PENDIDIKAN BAGI ANAK CERDAS ISTIMEWA DAN BAKAT ISTIMEWA

Dasar Formal dan Empirik Pelaksanaan Bimbingan bagi Murid Cerdas dan Berbakat
GBHN 1993 telah mengamanatkan bahwa “anak didik berbakat istimewa perlu mendapat perhatian khusus agar mereka dapat mengembangkan kemampuan sesuai dengan tingkat pertumbuhan pribadinya.” Selain itu UU No. 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SPN) Pasal 8 Ayat (2) juga menyatakan bahwa “… warga negara yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa berhak memperoleh perhatian Pendidikan Dasar menekankan khusus.” Lebih khusus lagi kurikulum bagi murid yang memiliki perlunya pelayanan bimbingan dan konseling kemampuan dan kecerdasan luar biasa (Depdikbud, 1993b)

Pengertian Murid Cerdas dan Berbakat
Anak cerdas berbakat adalah mereka yang memiliki kemampuan luar biasa yang sudah melekat dari dalam diri sejak lahir yang melliputi kemampuan intelektual, akademik, kretif dan produktif, kemamapuan dalam salah satu bidang seni dan psikomotor yang dalam pengembangan kemampuan-kemampuan tersebut secara optimal diperlukan pelayanan pendidikan yang khusus.

Kebutuhan dan Karakteristik Murid Cerdas dan Berbakat
Secara kualitatif anak murid cerdas dan berbakat menunjukkan karasteristik yang berbeda dari anak normal dalam aspek kognitif, afektif, sensasi fisik, intuisi, dan kemasyarakatan. Dalam upaya mengembangkan model program pendidikan yang kondusif bagi anak murid cerdas dan berbakat, perlu dilakukan analisis kebutuhan dan permasalahan perkembangan yang mungkin muncul dari aspek-aspek yang disebutkan di atas serta implikasinya bagi pengembangan program pendidikan.

Cara Mengidentifikasi Murid Cerdas dan Berbakat
Identifikasi anak cerdas berbakat melalui tiga tahapan yaitu (1) penjaringan (screening), dan (2) tahap seleksi (identification).

Permasalahan-Permasalahan yang Dialami Anak Berbakat
o Cepat sekali menagkap ilmu yang diajarkan sehingga gampang merasa kesal jika menghadapi orang yang tidak sepaham dengannya.
o Kemampuan bahasa mereka biasanya juga di atas rata-rata, membuat mereka mendominasi pembicaraan dan sulit mendengarkan orang lain.
o Perkembangan pikiran mereka lebih cepat berkembang daripada perkembangan emosinya.
o Anak berbakat seringkali lebih suka bergaul dengan anak-anak yang lebih tua usianya.

Penyelenggaraan Pendidikan bagi Murid Cerdas dan Berbakat
Penyelenggaraan pendidikan bagimurid cerdas dan berbakat meliputi (1) Akselerasi (Acceleration), Pengayaan (Enrichment), (3) Kelas Khusus atau Ability Grouping dan (4) Bimbingan Konseling.

Teknik Bimbingan bagi Murid Cerdas dan Berbakat
Layanan bimbingan bagi murid cerdas dan berbakat tidak diarahkan kepada layanan yang bersifat eksklusif melainkan dikembangkan secara terpadu di dalam sistem bimbingan yang ada.

Penyelenggaraan Kelas Unggulan sebagai Model Bimbingan bagi Murid Cerdas dan Berbakat
Kelas unggulan adalah kelas yang terdiri atas sejumlah siswa yang karena prestasinya menonjol dikelompokkan di kelas tertentu pada SD Inti (Depdikbud,1996).Program pengajaran pada kelas unggulan adalah program pengajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku ditambah dengan pendalaman materi Matematika/Berhitung dan IPA serta pelajaran Bahasa Inggris.

Kartadinata, Sunaryo, dkk. 1998. Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Nursalim, Mochamad. 2007. Psikologi Pendidikan. Surabaya: Unesa UniversityPress.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s