mendalami ilmu pendidikan luar biasa dan berbagai macam karakter anak berkebutuhan khusus

pendidikan luar biasa merupakan pendidikan yang di mana mereka mengenyam ilmu yang mendalami antara karakteristik anak normal dan tidak normal mulai dari kecil hingga dia menjelang dewasa disini kita akan belajar menjadi manusia yang normal itu seperti apa pada hakekat nya dan orang tidak nornal itu seperti apa pada hakekat mari kita mengkaji bersama –sama mengenai ortopedagogik anak luar biasa pada ilmu ortopedaghogik anak luar biasa ini terdiri dari anak tunanetra ,anak tunarungu ,anak tunagrahita.pediatri yaitu ilmu yang mengkaji mengenai ilmu kesehatan tentang tumbuh kembang anak dari situ kita dapat membedahkan mana anak yang masuk kategori anak normal dan katagori anak yang tidak normal.

orang yang normal adalah orang yang di mana pada saat bayi baru lahir dia pada posisi yang sewajar nya seperti contoh bayi yang baru lahir langsung menanggis dan pada tahapan -tahapan usia tertentu dia dapat melakukan aktivitas nya sehari –hari tanpa ada kendala satu pun seperti contoh pada saat dia usia 1 tahun dia bisa berjalan tanpa bantuan dari orang lain ,pada saat dia usia 2 tahun dia sudah bisa berbicara seperti dia memanggil ayah ,adik dan ibu bukan itu saja dia juga bisa mengucap kata kata makan ,minum dan lain sebagai nya, dan orang tidak normal yaitu di mana pada saat bayi baru lahir dia pada posisi yang tidak sewajarnya seperti contoh bayi yang baru lahir tidak dapat langsung menangis dia bisa nangis membutuhkan waktu beberapa lama ,pada saat proses kelahirannya ia pun pernah masuk dalam akubator dia dalam melakukan tahapan –tahapan masa pertumbuhan dan perkembangan dia pun mengalami hambatan yang diderita oleh anak tersebut seperti hambatan di dalam berkomunikasi terhadap orang lain , hambatan penglihatan , hambatan berpikir , hambatan berjalan dan hambatan berinteraksi hambatan yang di derita oleh anak tidak normal itu sebab kan oleh faktor –faktor tertentu diantara yaitu :ditarik dari garis keturunan ,terkena virus hewan dan terkena logam dan lain sebagai nya justru anak tidak normal tersebut dapat di deteksi mulai sejak dini.

ortopedagogik anak luar biasa yaitu ilmu yang mengkaji mengenai tentang karakteristik anak luar biasa dan bagaimana cara kita memperlakuan anak luar biasa tersebut seperti anak normal masing –masing anak luar biasa cara meperlakukan nya tidak sama tergantung dengan jenis ketunaan nya yang dia alami masing anak luar biasa mempunyai kelebihan yang di mana orang normal tidak mempunyai nya di antara nya:anak tunanetra pada dasar nya di bagi menjadi 2 type yaitu low fisen dan total dia mempunyai hambatan pada penglihatannya tapi pada tingkatan iq nya dia sama seperti orang normal untuk dapat mengukapkan isi hati nya anak tunanetra tidak dapat menulis dengan huruf awas dan sebagai penggantinya agar anak tunanetra dapat mengungkapkan isi hati nya pada orang lain dia menulis dengan menggunakan huruf braile dan program joss dari situlah anak tunanetra dapat mengukapkan isi hati nya .anak tunarungu pada dasar nya anak yang mengalami hambatan pada pendengarannya anak tunarungu ini dapat disebut dengan istilah anak tuna wicara anak tuna rungu ini pada dasar nya di bagi menjadi 3 type yaitu tunarungu ringan (), tunarungu sedang()dan tunarungu berat () masing type ini mempunyai kekuatan untuk menangkap suara orang satuan untuk menangkap suara oarang yaitu debil . nama alat bantu dengar yaitu hearing anak tunarungu untuk dapat menakap perintah dari orang lain dengan mengunakan huruf tegak bersambung dari situlah dia baru bisa menjalankan perintah yang di berikan kepada bapak ibu guru nya dan anak tunarungu apabila bercengkerama dengan teman sebaya nya dia menggunakan bahasa isyarat yaitu bahasa yang menggunakan 5 jari yang membentuk suatu huruf dan jarang sekali para pendidik mengajar pada siswa nya menggunakan bahasa isyarat melainkan para pendidik menggunakan bahasa oral juga dapat disebut dengan istilah bahasa bibir .anak tunagrahita pada dasarnaya anak yang mengalami hambatan pada intelektualnya anak tunagrahita ini dapat disebut dengan istilah mental retardasion anak tunagrahita ini memiliki 3 type yaitu tunagrahita ringan dapat disebut dengan istilah (debil ) tunagrahita sedang dapat di sebut dengan istilah (indebil ) dan sedangkan tunagrahita berat dapat disebut dengan istilah (idiot) rata –rata iq masing –masing type ini berbeda –beda anak tunagrahita ringan rata-rata iq sekitar (70-55) anak tunagrahita sedang rata-rata iq sekitar (55-40)dan anak tunagrahita berat rata –rata iq nya sekitar (40-22)masing –masing anak tuna grahita memiliki karakteristik diantara nya yaitu tunagrahita ringan : 1.dapar berkomunikasi dengan orang awam tanpa ada hambatan sama sekali ,fisik nya tidak ada satu pun yang cacat seperti layak nya orang normal ,ia mampu dalam bidang akademik dan non akademik ,di masih dapat untuk menafkai diri nya sendiri kelak kalau ia sudah dewasa( seperti menjadi jukir ,spg dan lain –lain ) ,tuna grahita sedang memiliki karakteristik diantaranya yaitu : tidak dapat berkomunikasi dengan jelas selayaknya orang normal hanya orang –orang tertentu saja yang dapat mengerti arti dari komunikasi nya ,wajah nya mongoloid , dia hanya mampu dalam bidang non akademik melainkan di dalam bidang non akademik ia mengalami kesukaran ia kelak kalau sudah dewasa ia dapat menafkai diri nya sendiri tanpa merepotkan orang lain (seperti pembantu rumah tangga )dan tunagrahita berat memiliki karakteristik diantara nya yaitu : ia tidak mampu di bidang akademik dan non akademik ,dia dapat berinteraksi dengan orang lain dengan menggunakan bahasa isyarat mata apabila ia lapar ia berinteraksi dengan orang lain dengan cara mengangis dengan begitu orang yang awas tahu bahwasan nya anak itu lapar rata –rata anak tunagrahita berat ini tidak dapat bertahan hidup lebih lama di karena anak tunagrahita berat mudah sekali anggota tubuh nya terserang penyakit .pada anak tuna grahita terdapat program khusus yang harus di buwat yaitu adalah program bina diri adalah program yang dimana di buwat khusus untuk anak tunagrahita tujuan khusus program tersebut dibuwat agar anak tersebut dapat hidup mandiri tanpa merepotkan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s