pendidikan luar biasa

A. Visi dan Misi Website
Visi :
1. Menyelenggarakan pendidikan tenaga kependidikan anak berkebutuhan khusus yang kompetitif, kolaboratif, dan berwawasan global.
2. Menyelenggarakan pendidikan profesi tenaga pendidik ABK yang profesional.

Misi :
mengembangkan ilmu dan teknologi PLB yang dilandasi iman dan taqwa dan mampu menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan profesional, kooperatif, kolaboratif dan aktif.

Website ini di buat untuk memudahkan pembaca mengenai pendidikan luar biasa, yang bertujuan dapat memudahkan pembaca dalam mencari informasi tentang pendidikan luar biasa. Melalui website ini pendidik, mahasiswa, masyarakat, orang tua dan pihak-pihak yang membutuhkan dapat mempelajari, mengembangkan dan menerapkan pendidikan luar biasa. pendidikan luar biasa pada website ini membahas/berisi tentang pendidikan luar biasa, deskripsi manajemen pendidikan inklusif, karakteristik manajemen pendidikan inklusif, kelebihan dan kelemahan manajemen pendidikan inklusif dan klasifikasi pendidikan luar biasa. Sebelum kita mengetahui pendidikan luar biasa kita harus mengetahui apa itu pendidikan luar biasa.
Dalam Encyclopedia of Disability (2006:257) mengemukakan bahwa Pendidikan luar biasa adalah pembelajaran yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan khusus dari anak dengan keterbatasannya.
Siswa berkebutuhan khusus memiliki jenis, karakteristik, dan faktor penyebab yang berbeda-beda. Sehingga dibutuhkan penanganan khusus yang berbeda-beda pula sesuai kebutuhan masing-masing siswa. Memang sudah terdapat tenaga khusus yang menanganinya namun bukan berarti guru umum yang mengajar di SD biasa merasa lepas dari tanggung jawab dalam menangani murid berkelainan.
Pendidikan luar biasa berarti pembelajaran yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan yang unik dari anak dengan kelainan. Ketika seorang anak diidentifikasi mempunyai kelainan, pendidikan luar biasa sewaktu-waktu diperlukan. Hal itu dikemukakan karena siswa penyandang cacat tidak secara otomatis memerlukan pendidikan luar biasa. Pendidikan luar biasa akan sesuai hanya apabila kebutuhan siswa tidak dapat diakomodasi dalam program pendidikan umum.
Pada masa sekarang ini, sudah banyak guru yang profeisonal dan mampu mendidik anak didik dengan baik. Tetapi banyak juga guru yang belum bisa mendidik anak didik dengan baik karena belum mengerti dan memahami cara – cara mendidik yang baik dan benar. Agar menjadi seorang pendidik yang baik, maka perlu untuk memahami karakteristik tiap masing – masing peserta didik.
Namun demikian, sering kali guru – guru atau pendidik lupa bahwa tiap – tiap sekolah pasti terdapat anak – anak yang berkesulitan belajar atau anak – anak berkebutuhan khusus. Jadi diperlukan pemahaman tentang karakteristik anak yang berkesulitan belajar atau anak yang berkebutuhan khusus agar dapat mendidik anak – anak tersebut dengan baik.
contoh, seorang anak yang kurang lihat memerlukan buku yang hurufnya diperbesar; seorang siswa dengan cacat fisik mungkin memerlukan kursi dan meja belajar yang dirancang khusus; seorang siswa dengan kesulitan belajar mungkin memerlukan waktu tambahan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Contoh yang lain, seorang siswa dengan kelainan pada aspek kognitifnya mungkin akan memperolah keuntungan dari pembelajaran kooperatif yang diberikan oleh satu atau beberapa guru umum bersama-sama dengan guru pendidikan luar biasa. Pendidikan luar biasa merupakan salah satu komponen dalam salah satu sistem pemberian layanan yang kompleks dalam membantu individu untuk mencapai potensinya secara maksimal.
E. Katagori dalam wordpress :
 Klasifikasi PLB
 Sekolah PLB (lingkup Surabaya)
 Teori – teori pendidikan luar biasa
 Artikel – artikel

 Sitta Soliha 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s